RAM (Random Acces Memory)


Saya yakin sebagian besar sobat blogger sudah tahu apa itu RAM. Tapi berdasarkan permintaan beberapa teman, akhirnya saya putuskan untuk membahas masalah ini dengan menyertakan referensi dari seorang sahabat blogger dan Wikipedia agar lebih meyakinkan. Dan kebetulan ada yang pernah bertanya tentang perbedaan RAM dengan harddisk.


RAM adalah penyimpanan sementara untuk data dan program yang sedang diakses oleh CPU. RAM adalah memori volatile, yang berarti bahwa isinya akan terhapus saat komputer dimatikan. Semakin banyak RAM di komputer, semakin banyak komputer memiliki kapasitas untuk menampung dan memproses program dan file yang besar, serta meningkatkan kinerja sistem.
Atau menurut Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/RAM):
Memori akses acak (bahasa InggrisRandom access memoryRAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

Tipe Umum RAM

Tipe tidak umum RAM


Bedanya dengan HARDDISK:
HARDDISK:
1.Hard disk dapat ditulis ulang secara permanen.
2.Data 
apapun yang tersimpan dalam HARDDISK dapat ditulis atau dihapus.
3.
Anda dapat mengakses data secara acak dari setiap drive dan dapat di copy ke tempat lain.
4.
Hard disk adalah sebuah perangkat penyimpanan yang tidak berada di bawah kategori ROM atau RAM.
5.Memori RAM menghilang setelah Anda mematikan komputer, tapi memori harddisk permanen.Artinya data yang disimpan tidak akan hilang.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/RAM
              http://a-rtikel.blogspot.com
              http://jossie65.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

 
GOENS89 © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.