Proxy



Jika kita tinjau dari kata "proxy", maka terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah wakil atau perantara. Bisa disimpulkan juga bahwa "proxy server" berarti server perantara. Dengan melihat hal tersebut kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa proxy server adalah sebuah perantara. Kemudian anda pasti bertanya, "perantara apa dengan apa?". Secara sederhana dapat sikatakan bahwa proxy server adalah perantara antara user atau client dengan server sumber informasi atau apapun yang diminta (request) oleh user.
Dalam jaringan komputer, sebuah server perantara adalah sebuah  (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien yang mencari sumber informasi atau hal lainnya dari server lain. Klien A terhubung ke server perantara, meminta beberapa servis, seperti berkas, koneksi, halaman web, atau sumber daya lainnya, yang tersedia dari server yang berbeda. Server perantara mengevaluasi permintaan menurut aturan penyaringan. Sebagai contoh, traffic filterI oleh [alamat [IP]] atau protokol. Jika permintaan divalidasi oleh filter, perantara menyediakan sumber dengan menghubungkan ke server yang relevan dan meminta layanan atas nama klien. Sebuah server perantara secara opsional dapat mengubah permohonan klien atau menanggapinya di server, dan kadang-kadang mungkin melayani permintaan tanpa menghubungi server yang ditetapkan. Dalam hal ini, tanggapan dari remote server, dan selanjutnya meminta kembali konten yang sama secara langsung.

Sebuah server perantara memiliki berbagai macam tujuan potensial, diantaranya:

     * Untuk menjaga mesin di balik anonim atau anonimous (terutama untuk keamanan).
     * Untuk mempercepat akses ke sumber (menggunakan cache). Web proxy biasanya digunakan untuk halaman web cache dari server web.
     * Untuk menerapkan kebijakan akses ke layanan jaringan atau konten, misalnya untuk memblokir situs yang tidak diinginkan.
     * Untuk log / penggunaan audit, yaitu untuk menyediakan
pelaporan penggunaan internet pegawai perusahaan.
     * Untuk memotong keamanan (parental control).
     * Untuk memindai konten malware sebelum pengiriman.
     * Untuk memindai konten outbound, misalnya untuk perlindungan kebocoran
data.
     * Untuk menghindari pembatasan regional.
 
Sebuah server perantara yang mengirimkan permintaan dan balasan tanpa dimodifikasi biasanya disebut gateway atau kadang-kadang tunneling proxy.

Sebuah server perantara dapat ditempatkan di komputer lokal pengguna atau pada berbagai titik antara pengguna dan server tujuan di Internet.

Demikian ulasan singkat tentang proxy server semoga bermanfaat bagi kita semua.

Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Proxy

0 komentar:

Post a Comment

 
GOENS89 © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.