LAN & WAN (Terjemahan posting sebelumnya)

Adsense Indonesia
1. LAN



Apa itu LAN? Anda pasti sering mendengar istilah itu. Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu tentang LAN. Tapi aku yakin ada beberapa dari kalian yang tidak tahu tentang LAN.
Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup area kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, di rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini LAN, sebagian besar didasarkan pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit / s. Selain teknologi Ethernet, teknologi saat ini, 802.11b (sering disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi yang disebut Wi-Fi hotspot.
Pada LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Wide Area Network atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:

    
1. Transfer data yang cepat/tinggi
    
2. Meliputi wilayah geografis yang sempit
    
3. Tidak memerlukan jaringan telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di jaringan komputer akan digunakan dalam server yang mengatur semua sistem dalam jaringan.


2. WAN

WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh dari suatu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal dengan satu jaringan lokal lainnya, sehingga pengguna atau komputer di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi lain.

Sumber: http://happy-network.net46.net/definition.html
              http://id.wikipedia.org/wiki/WAN

0 komentar:

Post a Comment

 
GOENS89 © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.