DNS (Domain Name System)

Semakin dalam kita bergelut di dunia maya, maka semakin banyak informasi yang kita dapatkan. Dengan bertambahnya infomasi maka akan sebanding dengan pertambahan pengetahuan dan perbendaharaan istilah yang kita miliki. Tapi ada satu hal yang sering kita abaikan. Tanpa kita sadari beberapa istilah masuk begitu saja di otak kita tanpa adanya keinginan untuk menulusuri atau mencari tahu apa sebenarnya arti dari istilah tersebut.

Sebut saja kata DNS. Silahkan tanyakan pada diri kita masing-masing apakah kita sudah benar-benar tahu arti dari kata tersebut? Bagaimana cara kerjanya? Atapun bagaimana pengaruhnya terhadap koneksi internet kita. Dan pada postingan ini saya akan sedikit mengulas tentang DNS.
 
DNS adalah singkatan dari Domain Name System, atau dalam bahasa Indonesia berarti Sistem Penamaan Domain, adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

Perhatikan dan ingat-ingat kembali apa saja yang anda tuliskan di address bar browser saat anda browsing. Pernahkah anda langsung menuliskan alamat IP yang akan anda tuju? Apakah anda menghafal semuanya? Saya yakin tidak. Orang pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail.

Contoh sederhana untuk menjelaskan cara kerjanya adalah dengan menganggap DNS seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.google.com di internet browser maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 216.239.51.99 jika IP tersebut adalah alamat IP dari www.google.com (cek lagi). Di sinilah DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, karena perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing).

Lantas bagaimana pengaruh penggunaan DNS server yang berbeda pada koneksi internet anda? Jawabannya adalah pada kecepatan loading pada saat anda browsing, downloading, maupun uploading. Mengapa demikian? Ibaratnya seperti kamus, semakin cepat anda mengambil kamus tersebut maka semakin cepat anda dapt menerjemahkan kalimat yang ingin anda terjemahkan. Begitu pula DNS, semakin mudah DNS server tersebut terhubung dengan komputer anda maka semakin cepat anda diarahkan menuju IP target anda. Itulah yang menyebabkan mengapa di lokasi yang berbeda, berbeda pula DNS server yang dapat memberikan layanan dengan cepat.
DNS sever manakah yang bekerja paling baik untuk anda? temukan jawabannya di postingan berikutnya. Demikian ulasan singkat tentang DNS dan DNS server, semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar:

Post a Comment

 
GOENS89 © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.