Registry (Windows)

Ada banyak hal yang belum kita pelajari dengan sungguh-sungguh untuk menjadi user yang baik. User yang baik dalam arti memahami fungsi dan kegunaan setiap bagian yang ada dalam sistem perangkat yang kita gunakan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk mengurangi terjadinya kesalahan perintah yang kita berikan pada komputer yang dapat berakibat pada berkurangnya daya tahan dari software maupun hardware di komputer. Dan pada kesempatan kali ini saya akan mengarahkan pembaca untuk bersama-sama mmempelajari tentang registry. Apakah registry itu?

Pengertian:
"Registry, dalam platform sistem operasi Microsoft Windows 32-bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna."(http://id.wikipedia.org).

Berdasarkan pengertian registry di atas, ada sebuah kalimat yang dapat kita jadikan patokan untuk memahami apa itu registry, yaitu "informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem". Berarti pada registry tersimpan semua konfigurasi semua perangkat yang ada pada komputer. Dengan demikian jika ada perangkat yang baru terpasang di komputer, maka konfigurasi dari perangkat tersebut akan langsung tersimpan di registry.

Melakukan editing terhadap komponen-komponen yang ada di windows registry dapat merubah konfigurasi dan kerja dari perangkat yang anda edit registry_nya. Lakukanlah dengan menggunakan tutorial dari situs-situs tertentu agar tidak terjadi kesalahan pada saat editing.

Struktur registry

Struktur registry agak mirip dengan struktur direktori dalam sistem berkas. Selain itu, registry juga dapat diakses dengan menggunakan sintaksis yang sama dengan cara mengakses berkas, dengan menggunakan karakter garis miring terbalik (backslash) untuk menandakan tingkatan hierarkis. Susunannya adalah seperti \\. Sebagai contoh, My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows, yang merujuk kepada sebuah subkey yang memiliki nama "Windows" yang terdapat di dalam subkey Microsoft, yang terdapat di dalam key dengan nama Software, yang terdapat di dalam subtree HKEY_LOCAL_MACHINE.
Berikut susunan registry windows (32bit):

  • HKEY*_LOCAL_MACHINE, sering disebut sebagai HKLM, merupakan sebuah tempat penyimpanan untuk konfigurasi sistem yang bersangkutan, yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak. Semua yang terdapat di dalam anak pohon ini diaplikasikan kepada semua pengguna.
  • HKEY_CURRENT_USER, sering disebut sebagai HKCU, merupakan sebuah tempat penyimpanan untuk konfigurasi yang dimiliki oleh pengguna yang sedang melakukan logon, yang menyimpan informasi mengenai konfigurasi preferensi pengguna (konfigurasi desktop, warna, dan konfigurasi lainnya yang setiap pengguna dapat melakukan kustomisasi terhadapnya).
  • HKEY_USERS, sering disebut sebagai HKU, merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi setiap pengguna yang terdaftar di dalam komputer yang bersangkutan. Setiap anak kunci dari anak pohon ini diidentifikasikan dengan menggunakan nomor Security Identifier (SID) yang dimiliki oleh pengguna. Ketika pengguna melakukan logon, SID yang cocok akan dimuat ke dalam anak pohon HKEY_CURRENT_USER.
  • HKEY_CLASSES_ROOT, sering disebut sebagai HKCR, merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi asosiasi/pemetaan ekstensi sebuah berkas atau objek Object Linking and Embedding (OLE) dengan aplikasi yang dapat menanganinya. Sebagai contoh, berkas berekstensi .txt akan ditangani oleh aplikasi editor teks seperti Notepad dan masih banyak lainnya.
  • HKEY_CURRENT_CONFIG, sering disebut sebagai HKCC, merupakan tempat penyimpanan untuk konfigurasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan saat itu, yang diperoleh pada saat proses booting dilakukan. Informasi yang disimpan di sini bersifat volatil dan tidak disimpan secara permanen ke dalam berkas penampung registry, tapi akan selalu dibuat setiap kali proses booting dilakukan.
  • HKEY_DYN_DATA, yang hanya terdapat di dalam Windows 95, Windows 98, dan Windows Millennium Edition, merupakan tempat penyimpanan konfigurasi dinamis untuk semua perangkat keras plug-and-play. Tidak ada padanannya dalam Windows NT, tapi dalam Windows NT 5.x, terdapat sebuah anak pohon HKEY_PERFORMANCE_DATA, yang hanya digunakan untuk mengumpulkan informasi performance counter Windows 2000, mengingat semua konfigurasi perangkat keras disimpan di dalam HKEY_LOCAL_MACHINE\HARDWARE\.
*)HKEY berarti "Handle to Key"
Demikian sedikit pembahasan tentang windows registry, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Referensi : http://id.wikipedia.org
                 http://www.goens89.co.cc/2011/05/hkeylocalmachine.html

0 komentar:

Post a Comment

 
GOENS89 © 2011 Theme made with the special support of Maiahost for their cheap WordPress hosting services and free support.